Breaking News

Distributor Biji Kopi Mentah - Robusta

 Kopi Robusta

Jenis Kopi Robusta dan Arabika Itu Beda, Jangan Ngaku Coffee Lovers Kalau  Nggak Tahu | Diadona.id

Distributor Biji Kopi Mentah - Robusta adalah jenis tanaman kopi dengan nama ilmiah robusta. Nama robusta berasal dari kata "kuat", kata Inggris yang berarti kuat. Seperti namanya, minuman yang diekstrak dari biji kopi Robusta memiliki rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit dari Arabica.

biji kopi robusta yang banyak digunakan sebagai bahan baku (cepat kopi instan) campuran kopi dan campuran (campuran) untuk meningkatkan kekuatan rasa kopi. Selain itu, juga biasa digunakan untuk membuat minuman kopi dengan susu sebagai cappuccino, latte dan macchiato.

biji kopi robusta dianggap lebih rendah dan nilai kurang dari Arabika. Secara global, produksi robusta menempati urutan kedua. Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar kopi robusta di dunia. Sebagian besar perkebunan kopi di negara itu ditanami Robusta, Arabica istirahat, Liberika dan Excelsa.


Asal Usul Tanaman

Greenish Valley Rare Robusta Coffee Bean Exotic Live Plant: Amazon.in:  Garden & Outdoors

Kopi Robusta ditemukan di Kongo di 18.981 oleh ahli botani di Belgia. Robusta adalah asli ke Afrika, yang meliputi wilayah Kongo, Sudan, Liberia dan Uganda. Robusta telah mulai mengembangkan skala besar di awal abad 20 oleh pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.

pengembangan kopi robusta mulai bencana atau epidemi wabah daun karat HEMILEIA VASTATRIX bahwa tanaman serangan kopi. Pada tahun 1878, sebagian besar perkebunan kopi Indonesia rusak akibat penyakit tersebut. Kemudian mengganti Arabica dengan Liberika Belanda. Tapi pada tahun 1890, kopi Liberika juga menderita penyakit yang sama.

Pada tahun 1902, spesies kopi robusta diimpor Jardine Botanical Gardens di Brussels Belgia.4Setelah penelitian ini tentu lebih tahan karat daun tanaman. Kemudian pada tahun 1907, tanaman kopi Liberika dengan robusta.5 stres diganti kali ini dengan sukses, robusta ditemukan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap karat daun penyakit.

Sejauh ini, perkebunan kopi di Indonesia didominasi robusta. Dalam perdagangan global pada komoditas kopi, Indonesia merupakan penghasil kopi robusta terbesar di dunia setelah Vietnam dan Brasil. Lebih dari 80% dari perkebunan kopi di Indonesia ditanami Robusta, Arabica 17% ditanam, sedikit istirahat ditanam Liberika dan Excelsa.


Habitat Tumbuh

Kopi robusta tumbuh baik di ketinggian 0-900 meter. Tapi idealnya ditanam di ketinggian 400-800 meter. Suhu rata-rata dari instalasi yang dibutuhkan adalah sekitar 26 ° C dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun. Tanaman ini tumbuh baik di tanah yang memiliki derajat keasaman (pH) dari sekitar 5 sampai 6.5.


Deskripsi Tanaman

pohon kopi robusta memiliki akar yang dangkal kurang peka terhadap kekeringan. Tanaman ini membutuhkan tanah kaya bahan organik untuk mendukung pertumbuhannya. Ketika tumbuh pada ketinggian rendah, Robusta memiliki ketahanan yang lebih baik banyak untuk karat daun penyakit dari Arabica.

bentuk daun kopi Robusta adalah oval dengan ujung runcing. Daun tumbuh pada batang, cabang dan ranting. Pada batang dan cabang tumbuh daun alternatif, sedangkan daun yang tumbuh di bidang yang sama.

Dalam hal ukuran, buah kopi robusta lebih kecil dari Arabika. Ketika kulit hijau muda dan berubah merah saat matang. Buah yang matang masih melekat pada perusahaan induk, jatuh sebagai Arabika. Bentuk benih cenderung bulat dan lebih kecil dari Arabica.

Tidak ada komentar