Breaking News

Harga Biji Kopi Arabika - Arabica Coffee

 Arabica London Broadway Market | % Arabica

Harga Biji Kopi Arabika - Kopi masih salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain membeli di kafe-kafe atau kopi, Anda dapat melakukan kopi mentah langsung dari petani atau pedagang kopi favoritnya. Di pasaran, harga biji kopi mentah pada tahun 2020 tetap sangat bervariasi, namun diprediksi, tidak jauh berbeda dari 2019 tahun terakhir. Biji kopi adalah biji memiliki tanaman kopi dan merupakan sumber dari minum kopi. Warna biji kopi berwarna putih dan sebagian endosperm. Setiap buah kopi biasanya memiliki dua biji. Namun, buah mengandung benih diyakini memiliki rasa yang lebih baik, dan disebut Peaberry.

Arabica vs Robusta Coffee: What's the Difference?


Berdasarkan jenis tumbuhan, biji kopi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kopi arabika gandum dan biji kopi robusta. Arabika biji kopi adalah jenis yang paling umum dan digunakan untuk membuat minuman kopi. Sekitar 70 persen dari kopi yang dijual di pasaran saat ini berasal dari biji kopi Arabica, dengan pertumbuhan yang kuat di timur dan tengah Afrika, Amerika Selatan, serta benua Asia Selatan dan Tenggara .

kopi arabika ini diyakini bahwa biji kopi terbaik kualitas. Karena biji kopi lebih sulit untuk memproses dan diproses. Selain itu, karena sangat sensitif terhadap perubahan suhu, tanaman ini lebih rentan terhadap hama dan penyakit. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa biji arabika setelah panen dalam setahun kurang dari kopi robusta.


Dari segi rasa, karena kandungan sukrosa atau gula dalam kopi arabika unggul, lalu minum kopi ini rasa sedikit manis dan asam. Namun, lebih harum diproduksi sebagai campuran bunga dan buah-buahan. kopi arabika hanya sekitar 1,2 persen kafein sehingga setelah disiapkan, kopi akan terasa lembut, tidak terlalu tebal.


Sementara itu, untuk robusta, banyak dibudidayakan di bagian barat dari benua Afrika, Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini mudah tumbuh dan memelihara lebih dari kopi arabika bahkan dapat ditanam di tanah tidak terlalu tinggi suhu berubah. Dalam setahun, tanaman kopi Robusta dapat menghasilkan lebih dari arabica biji kopi.

Dari segi rasa, khas kopi robusta tebal dan agak pahit. Karena kandungan kafein dalam kopi lebih tinggi dari kopi arabika, yaitu sekitar 2,2 persen. Rasa dan aroma kopi robusta sangat kuat, seperti cokelat, teh hitam dan kacang-kacangan. Setelah diolah menjadi minuman, berbagai jenis kopi Robusta memiliki aroma seperti kayu.

Jadi, untuk harga biji kopi pada 2019, cukup bervariasi, tergantung pada jenis dan dikatakan tidak terlalu berbeda dari 2018 tahun terakhir. Untuk biji premium kopi arabika Gayo, 2018 dijual kemarin di kisaran harga Rp65 ribu per kg untuk standar kualitas dan Rp100 ribu per kg untuk kualitas terbaik.

Nibble.id - Paham Beda Kopi Robusta dan Arabica Biar Kaya Barista

biji kopi arabika untuk Gayo $ 100.000 / kg, harga naik lagi menjadi 150.000 di Aceh Tengah jika melalui proses pemanggangan. Beberapa kolektor dan dealer kopi diseduh di daerah Gayo juga sering mencampur bubuk dengan robusta kopi arabika dan dijual Rp75.000 / kg. Sementara itu, harga arabika Jawa Barat berada di kisaran Rp85 ribu per kg kacang hijau (kacang hijau) dan Rp160 ribu per kg Arabika biji kopi Bengkulu.

Untuk kopi robusta, harganya relatif lebih murah dibandingkan kopi arabika. jenis biji kopi hijau pada tahun 2018 dan masih sekitar seribu Rp35 per kg di Lampung, atau setengah harga biji kopi arabika. Sementara itu, beberapa situs penjualan online, biji kopi Lampung Robusta ditawarkan dengan harga Rp55 ribu per 500 gram bagi mereka yang sudah di-panggang.

Kemudian pada tahun 2020 di tengah mahkota virus pandemi (Covid-19), rupanya disebut harga dunia naik kopi karena aturan pencekalan di banyak mengundang negara masyarakat untuk membeli kopi untuk konsumsi lokal. 

Tidak ada komentar