Breaking News

Harga Biji Kopi Biasa - Coffee Bean

3 Jenis Kopi Robusta Indonesia Yang Berkualitas Dan Mendunia!

Harga Biji Kopi Biasa - Petani kopi mengungkapkan salah satu tantangan saat ini adalah harga kopi anjlok Tengah. Penurunan harga kopi telah mengikis pendapatan petani.


Presiden petani Koperasi Manunggal Sutarno mengatakan, saat ini, biji kopi (kacang hijau) dijual dengan harga Rp 22.000 per kilogram. Harga, mengaku telah menurun secara signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.


"Kacang hijau kini hanya Rp 22.000 per kilogram. Dia terjatuh, "katanya Merdeka.com, pada penandatanganan kerjasama dengan Indonesia CJ CGV FX Sudirman, Jakarta, Kamis (2019/06/27)

harga kopi telah memukul Rp 30.000 per kilogram sebelum kemudian turun. harga yang lebih rendah, itu terjadi sejak 2018.


"Biasanya, hari kacang hijau lainnya bisa mencapai Rp 27.000, Rp 28.000, bahkan sampai USD 30 000. (harga drop) sudah sejak tahun lalu," katanya.


Menghadapi kenyataan ini, petani tidak bisa berbuat banyak. Karena di satu sisi, mereka masih membutuhkan dana untuk terus menjual bahkan dengan harga murah.


"Kita tahu bahwa panen kopi hanya satu tahun. Jadi kami mengatur panen cukup untuk satu tahun. Ketika harga kopi jatuh ketika kita membutuhkan dana. Kami menjual. Baik. Itu sebabnya kami posisi tawar yang lemah, "kata Sutarno.


 Nilai tambah Kopi

Apa itu fine robusta ? | SABANI.COM

Sebuah langkah telah diambil untuk mengatasi penurunan harga kopi dengan meningkatkan nilai tambah kopi memproduksi kopi dalam bentuk bubuk. Namun, produksi tidak dapat dilakukan dalam skala besar, karena permintaan masih lemah.


"Kami dibuat dalam bentuk bubuk, kami kopi siap minum. Ini adalah bubuk dari sekitar 200 kg per hari. Kita perlu melihat permintaan pasar produksi yang tinggi kurang dari harga futures jatuh, "katanya.


Oleh karena itu, pasar terus berkembang produk kopi bubuk yang dihasilkan oleh anggota koperasi. Salah satu dari mereka mengambil CJ Indonesia.


Beberapa poin dalam fasilitasi kerjasama dalam kemasan desain dan perluasan pemasaran produk melalui kopi koperasi kopi Everyday (TLJ) dan kopi CJ CGV milik Indonesia.


"Saya berharap untuk meningkatkan kesejahteraan petani bisa tinggi. Saya berharap produk ini bisa dipasarkan (lebih luas), "katanya.

Tidak ada komentar