Breaking News

Harga Biji Kopi Tangerang

Hari Kopi Nasional, Kenali Perbedaan Arabika dan Robusta

Harga Biji Kopi Tangerang - Minum kopi di Indonesia di tengah tren gaya hidup, bukan sebagai minuman penghilang rasa kantuk. Permintaan untuk petani kopi juga melonjak. Fenomena ini membuat beberapa daerah sudah mulai mengembangkan mereka kekhasan sendiri kopi.

Tidak ingin bergantung pada pemasok, tidak sedikit pemilik kopi atau kopi kedai kopi berburu langsung dari petani di daerah. Berapa harga kopi langsung dari petani di wilayah tersebut?

Nur Gaibita, Gayo petani kopi di distrik pusat Aceh, mengatakan saat ini harga arabika petani kopi dijual bervariasi tergantung pada kualitasnya. Itu harga standar kualitas 65.000 / kg Rp dan kualitas tertinggi Rp 100.000 / kg.

Sekarang biaya Rp 100 ribu / kg, mengapa lebih banyak? Karena benih yang dipilih terutama merah dan banyak lagi. Selain dipanennya lebih, pengeringan terlalu lama, "kata Nur, berbicara dengan detikFinance, Rabu (2017/05/07).

Menurut dia, biji kopi masih dalam bentuk kacang hijau yang belum mengalami proses pemanggangan (roasting), tapi itu dikeringkan di bawah sinar matahari. Hampir semua petani di sini yang dijual langsung ke kolektor yang datang Gayo dataran tinggi.

"Jika penjualan surat kabar  yang harganya Rp 35.000 / kg, belum dikeringkan dan dikupas. Bahkan pedagang dari Jakarta biasanya lebih merah pilih (lama), hijau dijual lebih murah, "kata Nur.

Gayo Arabika biji kopi untuk 100.000 Rp / kg, harga akan kembali melonjak menjadi Rp 150.000 di Aceh Tengah jika dalam proses pemanggangan. Beberapa kolektor dan pedagang kopi diseduh di wilayah Gayo sering mencampur bubuk dengan Robusta dan Arabika dijual seharga Rp 75.000 / kg.

"Jika biji kering, kemudian roasting harga Rp 150.000 / kg. Ada juga di daerah sering menjual Gayo Arabika dan Robusta kopi campuran sehingga bisa lebih murah Rp 75.000 / kg, "kata Nur.

Sementara itu, pemilik kiwari Coffee Bandung, Irfan Rahadian Sudiyana mengungkapkan petani harga pembelian Arabika biji kopi hijau di Jawa Barat adalah di kisaran Rp 80.000 / kg.

"Harga biji kopi arabika jika membeli langsung dari petani di Jawa Barat sekarang menjadi  Rp 80.000 / kg. Ini adalah harga kacang hijau (kacang hijau), kamudian ketika harga kopi panggang untuk kopi bubuk dapat Rp 250.000-300,000 "kata Irfan yang juga memiliki perkebunan kopi mereka sendiri di Manglayang ini.

Tidak seperti jenis Arabica, kopi Robusta relatif lebih murah. Ketua pecinta kopi Indonesia (CLI) Lampung, Jamil mengatakan biji kopi Robusta harga bagi petani di daerah kering dari Lampung saat ini sekitar Rp 30.000 / kg.

"Di Lampung harga biji kopi arabika adalah Rp 60.000 / kg, jika harga untuk setengah harga Arabica Robusta, sekitar 30.000 dolar. Ada seorang produser kopi, sekarang bahwa keluarga berjalan. Yang punya kebun kopi yang tepat orang tua saya, "kata Jamil.

Tidak ada komentar